Katalog dalam Pameran Seni Rupa Mempunyai Fungsi Penting sebagai - Seni dan Desain: Kajian dan Pengetahuan

Katalog dalam Pameran Seni Rupa Mempunyai Fungsi Penting sebagai

Share:

Pameran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengeksos suatu karya seni. Dalam seni rupa, pameran dimaksudkan untuk memperkenalkan suatu karya kepada publik atau masyarakat agar dapat memberikan apresiasi terhadap karya tersebut. Pameran juga sebagai upaya mempertemukan antara produsen dan pembeli namun pengertian pameran lebih jauh adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli.

Dalam suatu rangkaian pameran diperlukan katalog. Katalog dalam pameran seni rupa mempunyai fungsi penting sebagai informasi tentang seniman, hasil karya dan kurator dari pameran tersebut, katalog dalam pameran memiliki manfaat lain seperti kenangan setelah acara pameran selesai.

Menurut Subandi (Dosen UPI Bandung), Tujuan diselenggarakannya pameran ada bermacam-macam seperti tujuan sosial, kemanusiaan, dan komersil. Tujuan sosial berarti bahwa kegiatan pameran baik skala luas (di masyarakat) maupun skala terbatas (di sekolah). Karya seni yang dipamerkan dipergunakan untuk kepentingan sosial. Hasil penjualan karya seni yang dipamerkan disumbangkan kepada yayasan yatim piatu, pendidikan anak cacat, dan membantu orang yang membutuhkan uluran tangan kita. Tujuan komersial pameran berkaitan dengan kegiatan untuk menghasilkan profit atau keuntungan terutama bagi seniman dan penyelenggara penyelenggara pameran. Melalui kegiatan ini seniman dapat menjual karyanya kepada apresiator dan kolektor karya seni. Sedangkan tujuan kemanusiaan kegiatan pameran adalah untuk kepentingan pelestarian, pembinaan nilai-nilai, dan pengembangan hasil karya seni budaya yang dimiliki oleh masyarakat. 

Harapannya, setiap ada pameran khususnya seni rupa, datanglah dan bawa pulang katalog yang ada agar tetap termotivasi melihat karya-karya yang telah dipamerkan dan tetap semangat saat diadakan pameran di tempat lainnya.

katalog pameran seni rupa,katalog pameran seni rupa pdf,katalog pameran seni rupa adalah,katalog pameran pdf,katalog pameran seni,katalog pameran adalah,buku katalog pameran adalah,manfaat dari katalog pameran adalah,manfaat katalog dalam pameran agar penonton,manfaat katalog dalam pameran aran pengunjung,katalog pameran berisi hal-hal sebagai berikut kecuali
gambar disalin dari Join Up Thinking Design

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.